Lakukan 4 Hal Ini untuk Manfaatkan Lagi Makanan Sebelum Dibuang

Lakukan 4 Hal Ini untuk Manfaatkan Lagi Makanan Sebelum Dibuang

Jangan langsung buang sisa makanan, Anda dapat memanfaatkannya untuk dijadikan makanan baru yang layak dikonsumsi. (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda sering menyimpan makanan yang tak sempat dimakan di rumah, sehingga menjadi cepat basi atau tak enak jika dimakan langsung. Misalnya kue yang disimpan di dalam wadah selama berhari-hari atau roti yang hampir mendekati tanggal kedaluwarsa. Jangan langsung dibuang, Anda dapat memanfaatkannya untuk dijadikan makanan baru yang layak dikonsumsi.

Tak ada salahnya mencoba trik mudah, seperti yang dibagikan dalam video dari akun @tastemade di Instagram berikut ini.

1. Kue yang hampir basi? Jadikan pie
Anda dapat membuat pie dari sisa kue yang tidak termakan. Caranya cukup mudah, haluskan kue menggunakan blender dan campurkan dengan enam sendok makan mentega cair. Masukkan dalam cetakan pie dan tinggal tambahkan custard, whipped cream dan raspberry.

2. Simpan sisa kulit keju parmesan ke dalam saus pasta
Anda dapat menambahkan sisa kulit keju parmesan ke dalam saus pasta untuk menambah cita rasa yang lebih gurih.

3. Jadikan batang seledri sebagai minyak
Masukkan batang seledri ke dalam blender dan tambahkan dengan satu sampai dua cangkir minyak zaitun. Kemudian, haluskan. Lalu, saring untuk mendapatkan minyaknya saja. Siap digunakan sebagai penyedap rasa cream soup.

4. Roti yang hampir basi? Buat jadi Croutons
Potong-potong dadu sisa roti Anda, lalu campurkan dengan potongan bawang putih, satu sampai dua sendok makan minyak zaitun dan garam secukupnya. Aduk hingga rata dan panggang dalam suhu 180 derajat Celsius selama 15 menit.

Rekomendasi