Tips Merawat Bayi di 3 Bulan Pertama

Tips Merawat Bayi di 3 Bulan Pertama

Untuk menjaga bentuk payudara, pastikan ibu tetap menopang payudaranya saat menyusui.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai ibu baru, Anda harus mulai belajar mengetahui, apa sebenarnya si Kecil butuhkan. Misal, bagaimana menenangkan tangisan bayi, apakah ia lapar atau popoknya harus diganti.

Untuk membantu para ibu baru, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Dilansir dari Today's Parent, Rabu (17/5/2017), Harvey Karp, asisten profesor pediatri di University of Southern California, Amerika Serikat membeberkan tips merawat bayi pada tiga bulan pertama.

1. Berikan semua kebutuhan bayi

Setelah melahirkan, berikan bayi semua kebutuhan yang diperlukan dalam 12 minggu pertama. Anda bisa mengeksplorasi teknik untuk menenangkan bayi saat bayi menangis atau rewel.

Anda juga harus memerhatikan, pada tiga bulan pertama, bayi biasanya lebih banyak makan dan tidur. Perhatikan secara cermat, apakah si kecil rewel karena lapar atau ia tidak bisa tidur nyenyak.

2. Luangkan waktu untuk memulihkan kesehatan pasca melahirkan

Pada minggu-minggu awal, pemulihan kembali rahim menjadi sangat penting bagi Ibu. Bayi yang mungkin rewel biasa Anda gendong atau ditimang. Namun, Ibu juga perlu memerhatikan kesehatannya.

Sebaiknya tidak terlalu lama menggendong bayi menggunakan selempang. Hal ini dikarenakan agar energi yang dikeluarkan tidak besar dan cukup membiarkan tubuh segera pulih.

3. Minta bantuan untuk merawat bayi

Setelah  melahirkan, Anda pasti membutuhkan bantuan untuk merawat bayi. Kehadiran  saudara-saudara terdekat atau kakek dan nenek amat diperlukan.

Anda mungkin bisa istirahat sejenak sekadar untuk mandi atau berjalan-jalan untuk memulihkan kesehatan.

Sebagai pendukung lain, Anda bisa menggunakan jasa asisten rumah tangga untuk menangani kebersihan rumah, baik dari persiapan makanan dan berbelanja.

Hal ini akan meringankan  beban pekerjaan Anda dan Anda bisa fokus merawat bayi.

Momen tiga bulan pertama adalah momen yang sangat penting bagi bayi dan orang tua untuk saling mengenal satu sama lain.

Rekomendasi