Balita Suka Makan Upil, Normal atau Tidak?

Balita Suka Makan Upil, Normal atau Tidak?

Tak hanya suka mengupil, anak-anak usia di bawah lima tahun pun kerap makan upil sendiri. Mengapa begitu ya?

Liputan6.com, Jakarta Buah hati Mellisa bernama Harri (3) gemar sekali mengupil. Jika ditotal, hampir setengah hari dihabiskan Harri untuk memasukkan jari telunjuknya masuk ke lubang hidung.

Sebenarnya, hal ini tidak hanya terjadi pada Harri, banyak balita yang hobi mengupil.

Kebiasaan mengupil pada balita sebenarnya umum terjadi. Mereka memasukkan jari ke lubang hidung karena merasa ada sesuatu di dalamnya atau hanya penasaran saja dengan kondisi hidung.

"Semua anak melakukannya. Sulit bagi mereka untuk mengupil menggunakan tisu, sehingga mereka menggunakan segala cara untuk membersihkan lubang hidung, dan paling mudah menggunakan jari tangan," kata Kepala Klinik Pediatri di Miramichi Regional Hospital, Amerika Serikat, Mike Dickinson.

Sesudah mengupil, para balita ini memiliki kebiasaan yang bagi orang dewasa menjijikkan. Mereka kemudian memasukkan serpihan upil ke dalam mulutnya. Namun, tak perlu panik, hal ini juga normal yang terjadi pada banyak balita.

"Anak balita itu sedang menjalani masa eksplorasi terhadap lingkungannya menggunakan segala indra. Jadi biasa bila mereka memasukkan hal yang menarik ke dalam mulutnya, termasuk upil," papar Dickinson mengutip Todays Parent, Selasa (16/5/2017).

Namun, orangtua perlu memastikan agar anak berhati-hati ketika memasukkan jari ke lubang hidung. Terlalu kasar mengupil bisa membuat mimisan karena jaringan kulit di sekitar lubang hidung amat sensitif.  

Rekomendasi