4 Kesalahan Menyusui yang Tidak Disadari Ibu

4 Kesalahan Menyusui yang Tidak Disadari Ibu

Ada beberapa kesalahan menyusui yang dilakukan ibu.

Liputan6.com, Jakarta Bagi ibu yang baru pertama kali punya anak, belajar menyusui adalah sesuatu yang sangat penting. Dalam proses belajarnya, tak jarang banyak ibu melakukan beberapa kesalahan dan tak sadar merugikan bayinya.

Dilansir dari laman The Health Site, Senin (15/5/2017), berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan ibu menyusui:

Memperkenalkan formula

Banyak ibu menyusui yang juga memperkenalkan susu formula pada bayinya. Padahal ASI adalah asupan terbaik bagi bayi di enam bulan pertama hidupnya.

Tidak mulai memompa ASI sejak dini

Bagi ibu bekerja, banyak yang memutuskan untuk mulai memompa ASI-nya saat sudah mulai bekerja. Padahal hal ini sebaiknya dilakukan sedini mungkin, tak harus menunggu waktu ibu kembali bekerja dan jauh dari bayinya.

Tidak menyusui bayi di depan umum

Banyak ibu lebih menyukai memberikan susu formula di depan publik selama masa menyusui. Semestinya, ibu tak perlu merasa malu menyusui bayinya di depan umum. Apalagi sekarang banyak perlengkapan yang memungkinkan ibu untuk menyusui bayinya dimanapun mereka berada.

Menyusui sesuai jadwal

Para ibu tidak harus menyusui sesuai jadwal, seperti menyusui sebelum berangkat kerja atau menyusui tidur malam. Sebaiknya, berilah ASI pada bayi ketika bayi mulai merasa lapar.

Rekomendasi