Ibu dengan Payudara Kecil, Produksi ASI Sedikit?

Ibu dengan Payudara Kecil, Produksi ASI Sedikit?

Benarkah Payudara yang Kecil Tidak Dapat Menyusui?

Liputan6.com, Jakarta Calon ibu yang memiliki payudara kecil kerap khawatir akan produksi Air Susu Ibu (ASI) sedikit. Namun, calon ibu tak perlu khawatir para pakar mengungkapkan tidak ada hubungan antara ukuran payudara dengan produksi ASI.

Mengutip Baby Center, Jumat (12/5/2017) berikut beberapa fakta untuk meyakinkan para calon ibu dengan payudara kecil tak perlu panik dengan produksi ASI-nya.

Fakta 1

Ukuran payudara wanita ditentukan oleh seberapa banyak jaringan lemak yang ada pada bagian tersebut. Namun, hal ini tidak ada kaitannya dengan kuantitas produksi ASI.

Fakta 2

Sejak hamil, ukuran payudara membesar seiring dengan mulainya produksi ASI. Namun, jumlah produksi ASI ditentukan seberapa banyak bayi menyusui. Semakin banyak menyusui, produksi ASI terus meningkat.

Perempuan hamil pasti paham benar masalah-masalah payudara berikut ini.

Fakta 3

Jika payudara tidak bertambah besar dari biasanya selama kehamilan atau sesudah persalinan, ini bisa sjadi salah satu indikator insufficient glandular tissue. Wanita yang mengalami kondisi ini tidak mampu memproduksi ASI dalam jumlah banyak. Perlu diingat, yang bisa mendiagnosis kondisi ini adalah dokter.

Tak perlu panik jika memang benar mengalami hal ini. Dokter atau konsultan laktasi akan memberi tahu cara meningkatkan produksi ASI atau solusi lain.

Fakta 4

Jadi, makin yakin kan payudara kecil tak pengaruhi produksi ASI? Nah, yang membuat produksi ASI sedikit adalah kebiasaan merokok, konsumsi obat tertentu dan kondisi medis tertentu. Konsultasikan jika produksi ASI rendah pada dokter atau konsultasn laktasi agar asupan ASI bayi terpenuhi. 

Rekomendasi