Penyebab Berat Badan Ibu Terus Naik Setelah Melahirkan

Penyebab Berat Badan Ibu Terus Naik Setelah Melahirkan

Setelah melahirkan, wanita biasanya berharap berat badan mereka segera turun. Namun bagaimana jika sebaliknya yang terjadi?

Liputan6.com, Jakarta Sudah melahirkan, tapi berat badan bukannya turun malah terus naik? Jika hal ini yang terjadi, maka kesalahannya terletak pada gaya hidup Anda.

Penelitian yang dilakukan sehubungan hal ini menemukan, berat badan ibu terus naik karena kebiasaan memakan makanan dari piring anak, atau kebiasaan duduk yang lebih lama.

Terlebih lagi, kurangnya waktu tidur pada ibu baru menyebabkan keinginan mengudap yang semakin kuat. Bahkan walaupun memastikan memilih makanan yang sehat, hal ini tetap akan menyebabkan kenaikan berat badan.

"Ibu biasanya selalu mendahulukan kebutuhan anak mereka, jadi mereka jarang mengambil waktu untuk berolahraga atau mengurus diri sendiri," ujar penulis penelitian Olga Yakusheva, profesor asosiat di University of Michigan, AS, melansir The Health Site, Selasa (28/2/2017).

Sebagai tambahan, wanita yang diet mati-matian atau berolahraga keras dalam waktu singkat untuk mendapatkan tubuh pra-kehamilan, seringnya merasa kecewa dengan hasil usaha mereka. Hal ini kemudian membuat mereka berhenti berolahraga sama sekali.

Namun, jika ibu ingin menurunkan berat badan, mereka sebaiknya memangkas kalori dan berolahraga lebih banyak. Pastikan juga melakukan pendekatan holistik yang berfokus pada menjalani gaya hidup sehat untuk jangka panjang.

Walaupun semua wanita biasanya akan mengalami kenaikan berat badan sehubungan usia, ada perbedaan nyata antara mereka yang sudah melahirkan dan yang belum.

Saat anak-anak mereka mencapai usia balita, para ibu biasanya sudah bertambah berat badannya sekitar satu kilo per tahun, dibanding mereka yang tidak memiliki anak.

Rekomendasi