Harga ‎Bawang Putih Berangsur Turun

Harga ‎Bawang Putih Berangsur Turun

Pekerja menurunkan bawang putih dari kontainer setibanya di Pasar Induk Kramat Jati, Rabu (17/5). Sebanyak 9.000 ton bawang putih yang diimpor dari Tiongkok dijual ke pedagang seharga Rp 25.000 per kg dalam operasi pasar. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang putih di Pasar Grogol, Jakarta Barat, mulai berangsur turun. Saat ini, harga komoditas tersebut berada di angka Rp 60 ribu per kilogram (kg), turun dari sebelumnya dipatok Rp 65 ribu per kg.

Pedagang sayur di Pasar Grogol, Nardi (41) menyebut, bawang putih cutting saat ini dijual Rp 60 ribu per Kg, dan bawang putih biasa Rp 50 ribu per Kg. Sudah terjadi penurunan harga sekitar Rp 5 ribu setiap kg.

"Itu harganya sudah turun dari tiga hari lalu yang cutting tembus Rp 65 ribu per kg, dan yang biasa Rp 55 ribu-56 ribu per kg. Turun harga bawang putih karena gudang penimbunan digerebek dua hari lalu," katanya saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Jumat ( 19/5/2017).

‎Akibat penangkapan tersangka penimbun bawang putih impor, pasokan bahan pangan ini kembali memenuhi pasar-pasar induk, termasuk Kramat Jati. Tak heran bila harga bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati ikut melandai sekitar Rp 5 ribu per kg.

"Di Pasar Kramat Jati turun harganya Rp 5 ribu per kg, ya kita ikut turun juga. Tadinya barang kosong baru tahun ini naik tinggi, tapi sekarang pasokan sudah banyak lagi," terang Nardi.

Sementara itu, ‎Pedagang sayur lainnya Asih (40) mengatakan hal senada. Harga bawang putih cutting Rp 60 ribu dan bawang putih biasa Rp 50 ribu per kg.

"Bawang putih sudah turun, kan sebelumnya sempat Rp 65 ribu per Kg. Itu kan penimbunan bawang putih kena ‎tangkap, jadi harganya bisa turun," dia menjelaskan.

Adapun harga bahan pangan yang turun maupun yang harganya stabil menjelang puasa, antara lain:

1. Harga bawang putih turun dari Rp 65 ribu menjadi Rp 60 ribu per kg
2. Cabai rawit merah dijual seharga Rp 60 ribu per kg atau turun Rp 20 ribu dari sebelumnya Rp 80 ribu per kg
3. Cabai rawit hijau stabil di harga Rp 30 ribu per kg
4. Harga cabai rawit keriting merah stabil Rp 30 ribu ‎per kg
5. Cabai merah dan hijau besar masing-masing bertahan di harga Rp 40 ribu per kg
‎6. Harga bawang merah mengalami kenaikan dari Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 35 ribu per kg.
7. ‎Telur ayam ras naik menjadi Rp 23 ribu per kg dari sebelumnya Rp 21 ribu per kg
8. Daging sapi lokal harganya Rp 120 ribu per kg atau stabil
9. Harga daging ayam naik dari Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 33 ribu-Rp 35 ribu per kg.

"Trennya harga bahan pangan akan terus bergerak. Perkiraannya bisa saja tiga hari menjelang puasa, harganya naik lagi tapi tidak akan banyaklah, paling Rp 1.000, Rp 2 ribu atau Rp 5 ribu . Masih wajar," tandas Asih.

Sebelumnya, pada Selasa, 17 Mei 2017 malam, Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri menggerebek gudang PT TPI di Jalan Marunda, Jakarta Utara.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya mengatakan, gudang tersebut diduga sebagai tempat menimbun bawang putih selundupan dari Tiongkok dan India hingga 182 ton. Setya mengatakan, saat diperiksa, pemilik gudang tidak bisa menunjukkan dokumen importasi yang lengkap.

"Bawang putih tersebut di impor oleh dua perusahaan, yaitu PT NBM dan PT LBU sejak April 2017," kata Setya.

Dari tempat itu, penyidik juga mengamankan tiga orang yang diduga menyelundupkan bawang putih. "Tiga orang terkait dengan tindak pidana tersebut antara lain pemilik gudang, pemilik barang, dan sopir truk," ujar dia. (Fik/Gdn)

Rekomendasi